Cara Flash Sony Xperia Z3 D6653 Dengan Flashtool

Cara flash Sony Xperia Z3 D6653 - Istilah flashing dalam dunia android merupakan sebuah proses instalasi ulang OS untuk memperbaiki crash atau error yang terjadi pada sistem operasi tersebut. Nah bagi anda yang mengalami hal tersebut, terutama pengguna hp Sony Xperia Z3. Anda bisa melalukan flash dengan menggunakan flashtool.

Cara Flash Sony Xperia Z3 D6653 Dengan Flashtool


Dengan melakukan flashing pada smartphone Sony Xperia Z3 anda, akan kembali seperti pada saat pertamakali anda membeli hp tersebut dalam kondisi baru. Flashing bisa mengatasi segala masalah yang terjadi pada android Sony Xperia anda, seperti bootloop / stuck logo, hang, aplikasi banyak yang tidak bisa dibuka karena mengalami error pada sistem ataupun hardbick / mati total.



Cara mudah flashing Sony Xperia Z3 D6653 via flashtool



Sebelum anda memulai proses flashing, berikut ada beberapa bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu :



  1. Usb Driver Sony Pc Companion untuk Windows >>> http://ouo.io/k4hP9o
  2. Usb Driver Sony Pc Companion untuk MAC >>> http://ouo.io/S6oqPq
  3. Flashtool untuk Sony Xperia Z3 >>> http://ouo.io/tiW3VO
  4. Firmware original Sony Xperia Z3 D6653 >>> http://ouo.io/V1WLOQ
  5. Kabel USB, usahakan gunakan yang original atau kabel data bawaan hp anda
  6. Hp Sony Xperia Z3 D6653 yang ingin anda flash tentunya



Setelah semua bahan sudah siap mari kita lanjut ketahap eksekusi, berikut tutorial flashing Sony Xperia Z3 D6653 via flashtool :



  • Langkah pertama, silahkan anda instal terlebih dahulu USB driver sesuai dengan OS yang sedang anda gunakan, jika anda menggunakan Windows instal yang USB driver untuk Windows, jika anda menggunakan OS MAC maka instal USB driver untuk MAC. 
  • Kemudian buka dan instal flashtool.exe yang sudah anda unduh tadi, tunggu hingga proses penginstalan selesai.
  • Setelah itu, cari file firmware original Sony Xperia Z3 D6653 dan ekstrak file tersebut. Nanti setelah anda ekstrak filenya berekstensi .ftf dan silahkan anda pindahkan file firmware xperia tersebut kedalam folder flashtool C:\Flashtool\Firmware, tergantung di disk mana anda menginstalnya. Jika di disk D maka D:\Flashtool\Firmware.
  • Sampai pada tahap ini semuanya sudah siap, anda tinggal mengeksekusi hp Sony Xperia Z3 anda yang sedang mengalami masalah.
  • Buka program flashtool.exe yang sudah anda instal tadi.
  • Dipojok kanan atas anda bisa melihat tanda petir, itu tandanya adalah menu flashing. Klik flash > dan pilih flash mode > OK.
  • Cari firmware yang sudah anda pindahkan tadi di folder C:\Flashtool\Firmware kemudian klik firmwarenya.
  • Klik flash dan tunggu hingga flashtool memunculkan notifikasi bahwa anda harus menghubungkan smartphone anda pada PC. Sementara itu matikan hp Xperia Z3 anda.
  • Setelah ada notifikasi untuk menyambungkan ponsel pada PC silahkan sambungkan Sony Z3 anda dengan menggunakan kabel USB sambil menekan dan tahan tombol volum bawah. Tunggu hingga hp anda terdeteksi drivernya.
  • Pastikan bahwa kondisi baterai laptop anda dalam kondisi yang masih cukup, dan ketika proses flashing berjalan jangan sampai anda menyenggol kabel USB yang menyambung pada android Sony Z3 dan laptop anda sehingga tidak terjadi disconect. Karena jika sampai baterai laptop anda habis atau kabel USB disconect maka proses flashing bisa terputus ditengah jalan dan akan sangat fatal akibatnya.
  • Setelah ponsel anda terdeteksi di flashtool maka proses flashing akan berjalan secara otomatis dan anda bisa melepaskan tombol volume bawah tadi.
  • Untuk proses flashing ini biasanya tidak sampai memakan waktu setengah jam, paling lama 15 menit tergantung dari PC dan kabel data yang anda gunakan.
  • Proses flashing selesai akan ditandai dengan notifikasi finish, setelah itu anda dapat mencabut hp anda dari PC. Karena setelah proses flashing selesai android anda tidak akan menyala secara otomatis maka nyalakan ponsel Sony Xperia Z3 anda secara manual. 
  • Untuk startup pertama biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 5 menitan, jadi tunggu saja sampai file firmware yang baru saja anda flash tadi terload dengan sempurna dan bisa masuk ke menu utama / homescreen Sony Xperia Z3 anda.

Nah sobat, setelah anda melakukan flashing pada hp Sony Xperia Z3 D6653 maka ponsel anda akan kembali seperti pada saat pertamakali anda membeli smartphone tersebut dan semua data yang tersimpan di memori internal akan terhapus, begitupun juga pada pengaturannya akan kembali ke pengaturan awal pabrik. 


Apabila ada hal yang ingin anda tanyakan mengenai cara flash Sony Xperia Z3 D6653 diatas silahkan tinggalkan komentar pada kolom dibawah ini. Ok sobat semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon